Saturday, March 30, 2013

BUTIR SOAL HAL. 24


1. Maksud dari prinsip dasar evaluasi adalah :
a). Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembelajaran bagi masyarakat.
b). Evaluasi bersifat sebagai seni, sehingga tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilakukan dengan metode yang berbeda.
c). Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu.
d). Biasanya penelitian / tindakan evaluasi adalah tanggung jawab sebuah tim dan bukan bersifat perorangan.
e). Evaluatir tidak terikat pada suatu sekolah demikian pula sebaliknya.
f). Evaluasi adalah sebuah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi terhadap program.
g). Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
h). Evaluasi akan mantap apabila dilakukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
i). Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif , evaluasi sumatif dan evaluasi program.
j). Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.


2. Macam – macam tantangan pelaksanaan evaluasi penjas di sekolah, antara lain :
a). Jumlah siswa yang banyak yang tidak sesuai dengan jumlah guru penjas. Di tingkat sekolah dasar, guru penjas biasanya harus mengelola siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Lebih sulit lagi akrena yang dipelajari oleh siswa adalah kesesuaian antara kemampuan fisik dan perkembangan mental yang berbeda-beda.

b). Alokasi waktu pelajaran penjas di SD amat terbatas untuk mengadakan pengetesan. Dengan jumlah pertemuan satu kali dalam seminggu (waktu efektifnya sekitar 60 menit) dengan materi yang cukup banyak akan menyulitkan guru untuk -mengalokasikan waktu pengetesan karena lebih berkutat dengan penyampaian bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum.

c). peralatan yang dimiliki sangat minim.
Alat penunjang pembelajaran tersebut masih minim ketersediaannya, sehingga dapat menghambat proses KBM. 

3.  - Dengan cara mengelompokkan siswa tsb dibagi menjadi 4 kelompok atau beberapa kelompok ,
- Keterbatasan waktu tsb dapat diatasi dengan langkah mengadakan kegiatan ekstra kulikuler diluar jam pelajaran sekolah.
-  Keterbatasan peralatan penunjang tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan –kebutuhan dan hampir menyeruapai alat sebenarnya.

No comments:

Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com